oleh: Ediva Sismaya

“Kebersamaan dalam Kristus”

Jambore KKIH adalah sebuah agenda kegiatan camping tahunan yang selalu ditunggu – tunggu. Inilah saat – saat merasakan kebersamaan di dalam KKIH, menjadi akrab satu sama lain, dan bahkan bertemu teman lama… Sengaja diadakan  saat Spring break yaitu tanggal 6 – 10 Maret di Stephen F. Austin State Park agar banyak keluarga yang dapat turut serta di acara camping ini. Hanya beberapa keluarga saja terutama panitya yang bergabung sejak hari Jumat disaat mulai memasang tenda dan menyiapkan akomodasi lainnya.

 Jambore KKI Houston
Junior Ranger Activities

      Enjoy the trail
Kegiatan Sabtu pagi diisi dengan Junior Ranger activities bagi anak – anak yang sudah camping sejak hari Jumat. Pada hari Sabtu siang , hampir semua keluarga peserta Jambore berdatangan dan kemeriahan pun tercipta…..
Sejak siang, beberapa kelompok berjalan menyusuri trail yang ada, sementara sebagian yang lain bergotong royong mendirikan tenda,  menyiapkan makanan,   bermain volley atau sekedar bersenandung ria.
Anak – anak berlari – larian, bermain fressbie, lempar tangkap bola, sambil menikmati alam.
Sabtu sore….

Dimulai dengan permainan seru memperkenalkan diri yang diikuti dengan saling bopong, cukup menguras energi, tetapi… “so fun”………

Permainan saling bopong
Setelah makan malam bersama, seluruh peserta mengelilingi api unggun, dan dengan suasana hening semua berdoa Rosario. Keakraban pun berlanjut dengan menikmati jagung bakar, bernyanyi lagu – lagu nostalgia bersama, Saat hendak mulai  terlelap, hujan turun……
Berdoa Rosario
 Menikmati jagung bakar
Lagu dangdut, lagu daerah, lagu pop….. semua kami suka….

Minggu pagi……., Terbangun karena derasnya hujan…….. Satu persatu peserta keluar tenda mencari kehangatan secangkir kopi dan menikmati sarapan bubur ayam. Mulailah segala keriuhan mencipta keakraban… Meski hujan terus mengguyur mengacaukan segala rencana permainan di alam terbuka. tak surut semangat panitya menghidupkan kebersamaan. Sejak dari permainan berkelompok, kehebohan menyiapkan makan siang dan malam, latihan koor mempersiapkan misa, hingga misa yang dipimpin Romo John Taosan dan ditutup dengan makan malam bersama.

Membuat menara dari batang spaghetti dan marshmallow
Misa dipimpin oleh Romo John Taosan
Makan malam setelah misa
Hujan tak kunjung henti hingga larut malam di hari Minggu itu, mengiringi keluarga – keluarga yang pulang ke rumah masing – masing.
Senin pagi……. Beberapa keluarga masih menikmati rintik hujan di Stephen F. Austin State Park. Tetap tak habis kegiatan bagi anak – anak dan dewasa. Khusus untuk makan siang, bapak – bapak berlomba menyiapkan nasi goreng dan anak – anak memilih nasi goreng yang terlezat. Seru……
 Lomba memasak nasi goreng khusus bapak – bapak

Selasa pagi….. Saatnya bersiap pulang. Tenda – tenda dibongkar dan dirapikan dan area camping dibersihkan. Kembali ke rutinitas masing – masing, membawa segala kehangatan kebersamaan yang dilalui.

Inilah KKIH…………..
“I can do things you cannot, you can do things I cannot, together we can do great things”                               
~ Mother Teresa ~